News Update :

ANFAT Piyungan Mengikuti Rukyat di Brambang


Hari Selasa kemarin, Selasa Kliwon, 10 Agustus 2010 PWNU dalam hal ini LFNU DIY mengadakan Rukyatul Hilal di Bukit Brambang. Kegiatan ini memang sudah menjadi agenda tahunan sebelum Ramadhan. Tetapi untuk tahun ini lain dari biasanya. Apabila biasanya diadakan di tepi pantai Parangkusumo, untuk tahun ini diadakan di Bukit Brambang ( termasuk wilayah Patuk, Gunungkidul.
Kami dari Anfat Piyungan sudah mengagendakan untuk mengikutinya sejak rapat pleno Ahad kemarin. Sekitar jam 16.00 kami sudah berkumpul di Markaz ANFAT ( Rumah Kang Mahmudin, Piyungan ). Di sana sudah berkumpul saya sendiri, Pak Ketua, Pak Dodo, Kang Windu, Kang Alfan, Pak Ghufron dan juga Fatayat ada Mbak Linggar. Sambil nunggu shahabat/i dari Ancab Prambanan yang juga akan ikut kami ngobrol seputar program Anfat selama Ramadhan.
Tak terasa waktu seudah menunjukkan pukul 16.45. Maka kami putuskan berangkat. Tim Fatayat akhirnya tambah personil menyusul Bu Tika Al Kwaseini dan Mbak Dewi As Sanansari. Hore ayo berangkat touring ila Jabal Brambang. Akhirnya kami tancap gas berangkat sama - sama. Meliuk - liuk jalan menuju Patuk. Wah rasanya nek mbayangke boncengan ro Fatayate yuhu....( Hus gak oleh koyo ngono Ansor sholeh ).. He he.
Pejalanan kurang lebih 15 menit akhirnya sampailah kita di Bukit Brambang. Di sana sudah berkumpul para Kyai dari PWNU DIY. Tim teropong sudah siap. Lalu pasang alat dan memilih tempat yang cocok. Sebelum rangkain rukyat dimulai kami lebih dahulu diberi secarik kertas berisi gambar posisi hilal dsb lalu diterangkan oleh salah seorang sati Tim LFNU DIY. Dari sana kita jadi tahu bagaimana sih proses Rukyat ( sok tahu padahal meng dirungokke wae. Tapi ya lumayanlah namnah pengetahuan, jadi tahu beberapa istilah ).
Kira - kira pukul 17.38 prosesi rukyat dimulai. Kita satu per satu mencoba melihat hilal dengan teropong dan mata telanjang. tetapi tidak satupun yang melihat hilal. Kita coba berulang - ulang dan ganti personil. Hasilnya nihil. Akhirnya diputuskan hilal tidak tampak sehingga sesuai dengan adab orang NU maka psrah bongkokan dan menunggu sidang Isbat KemenAg ( Depag ). Setelah dinyatakan selesai kami AnFat Piyungan bareng ama AnFat Prambanan meluncur kembali ke bawah. Lalu sholat Maghrib di rumah Kang Mahmudin lagi.
Hore lumayan tambah ngelmu astronomi thuithik. Lumayan iso bareng jejeran ro Fatayat Prambanan ( Astaghfirullah eh kleru Alhamdulillah. )
Suwun njeh to be continue fi Sekretariat Buka Bersama Bakso Arema ( Yuhu. Siapa ngikuttt ).


Share this Article on :

0 komentar:

Post a Comment

 

© Copyright GP. ANSOR - FATAYAT NU KEC. PIYUNGAN 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.