News Update :

GEMA TAKBIR HARI RAYA IDUL ADHA 1431 H

A. LATAR BELAKANG

Kemajuan teknologi sudah semakin pesat. Era globalisasi dan keterbukaan sudah melanda masyarakat hingga pedesaan. Budaya barat sudah masuk ke dalam kehidupan masyarakat di pedesaan.

Masuknya pengaruh budaya barat tersebut melalui banyak media. Bisa masuk melalui televisi, surat kabar, majalah, internet maupun media informasi yang lain. Pengaruh tersebut diterima masyarakat khususnya pemuda ada yang diterima mentahnya saja tanpa disaring dan diolah dan ada juga yang diolah supaya tidak memberikan dampak negatif bagi kehidupan masyarakat.

Pengaruh budaya barat yang diterima tidak dioalh dan disaring tersbut mengakibatkan terkikisnya budaya warisan leluhur di masyarakat jawa khususnya dalam lingkup agama Islam. Budaya yang terkikis tersebut antara lain : kesenian rudatan/shalawatan, wayang kulit, slametan orang meninggal yang dikatakan bid’ah dan lain sebagainya.

Melalui kegiatan ini kami mengharapkan para remaja dan pemuda saat ini bisa memperdalam ilmu agama Islam dan pengetahuan umum untuk dapat menyaring pengaruh budaya yang diterima agar dapat bermanfaat bagi masyarakat bukan menimbulkan dampak negatif. Selain itu, diharapkan dapat mencintai dan melestarikan budaya warisan leluhur di masing – masing kampungnya dan bias mengembangkannya sehingga menambah kekayaan budaya Indonesia

Melalui kegiatan ini kami mengharapkan hal – hal sebagai berikut :

1. Adanya partisipasi dari generasi muda Islam di Piyungan sebagai peserta pada kegiatan ini.

2. Adanya dorongan dari dalam diri masyarakat kita, untuk melestarikan kebudayaan-kebudayaan Islam, dalam rangka mengCounter budaya-budaya asing yang menyesatkan.

3. Adanya ketertarikan para generasi muda terhadap kegiatan-kegiatan organisasi berbasis Islam, yang arahnya adalah penguatan kelembagaan dan kesatuan gerakan.

4. Adanya kebersamaan semua elemen masyarakat muslim khususnya warga nahdliyyin untuk senantiasa mempertahankan “kawasan hijau” sebagai basis gerakan ahlussunah wal jamaah.

5. Menyediakan ruang bagi generasi muda NU untuk merefleksikan berbagai eksperimentasi gerakan-gerakan dan methode-methode dakwah yang tentunya berorientasi pada aqidah ahlussunah wal jamaah.

6. Penyelenggaraan Gema Takbir Hari Raya Idul Adha 1431 H ini tidak lepas dari niatan baik untuk ikut serta menjaga nuansa religiusitas di wilayah Kecamatan Piyungan, serta mempertahankan “Lingkungan Hijau” sebagai basis gerakan Ahlussunah wal jamaah.

7. Dengan demikian, diperlukan kerjasama semua elemen masyarakat untuk senantiasa bersama-sama melestarikan kegiatan-kegiatan budaya yang menjadi icon atau identitas Jam’iah Islamiyah kita.



B. TUJUAN KEGIATAN

Melalui kegiatan panitia bertujuan untuk mencapai hal – hal berikut :

1. Melanjutkan program kerja tahunan GP Ansor NU dan Fatayat NU Anak Cabang Piyungan
2. Menyemarakkan syiar Peringatan Hari Raya ‘Idul Adha 1431 H
3. Melestarikan adat istiadat dan budaya di setiap kampung di wilayah Piyungan yang mulai terkikis akibat pengaruh kemajuan zaman global yang semakin bebas dan terbuka seperti saat ini
4. Menjalin tali silaturahim dan memperkuat ukhuwah islamiyah di antara warga Piyungan, khususnya di kalangan pemuda melalui keikutsertaan organisasi pemuda di tiap kampung dalam kegiatan ini
5. Mengarahkan kreativitas pemuda dalam melestarikan budaya masyarakat jawa dan Islam melaui kegiatan ini





3. NAMA KEGIATAN

Kegiatan ini kami beri nama “Festival Takbir Keliling, Parade Bedug dan Pementasan Budaya Lokal”



4. TEMA KEGIATAN

Festival Takbir ini bertemakan “ Festival Takbir & Parade Bedug, Mencetak Generasi Muda Islam yang cinta dan melestarikan khasanah budaya khususnya budaya Islam warisan leluhur di tengah godaan dan tantangan era globalisasi dan kemajuan zaman yang pesat seperti saat ini.”



5. SASARAN KEGIATAN

Seperti pada tahun – tahun sebelumnya kegiatan ini ditujukan kepada Organisasi Kepemudaan di tiap kampung yang ada di wilayah Piyungan, RISMA ataupun kelompok pengajian serta majlis yang menjadi wadah berkumpunya para remaja.



6. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Gema Takbir Hari Raya Idul Adha 1431 H akan diselenggarakan pada :

Hari : Selasa

Tanggal : 16 November 2010

Jam : 19.30 WIB

Tempat : Start di Pasar Piyungan (baru)

Finish di Gedung Balai Desa Srimartani Piyungan Bantul



G. Alur Proses Gema Takbir Hari Raya Idul Adha 1431 H

Proses Gema Takbir Hari Raya Idul Adha 1431 H akan dilaksanakan dengan tahapan proses penyelenggaraan sebagai berikut :

a. Pra Kegiatan

1. Pembentukan Kepanitiaan

2. Proses Pendaftaran Peserta

a. Penyebaran Brosur dan Informasi

b. Undangan via surat, pamflet, spanduk dan media elektronik dengan batas waktu tertentu

c. Pembentukan pos informasi dan pendaftaran berbasis ranting/kelompok

3. Technical Meeting

Lomba Takbir Keliling

Pada Tahapan ini adalah tahap pelaksanaan Lomba Takbir Keliling dengan alur proses sebagai berikut :

1. Pemberangkatan

2. Perjalanan dengan route : Start Pasar Piyungan baru(ke Timur) – Perempatan lampu merah Piyungan (ke Utara) – Finish (Gedung Balaidesa Srimartani, Piyungan) yang kurang lebih menempuh jarak pawai 2 km.

3. Display / kreatifitas budaya masing – masing kampong dengan alokasi waktu 10 menit

4. Pementasan Budaya komunitas Tionghoa Yogyakarta
Share this Article on :

0 komentar:

Post a Comment

 

© Copyright GP. ANSOR - FATAYAT NU KEC. PIYUNGAN 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.